Senin, 15 Juli 2013

Tips Sederhana Untuk Mempertahankan Performa Android

Tips Sederhana Untuk Mempertahankan Performa Android - Mempunyai gadget yang tahan lama, awet dan tidak lemot adalah impian dari sebagian besar orang, bahkan mungkin memang ini adalah impian bagi semua pemilik gadget khususnya smartphone. Dan saya termasuk didalamnya :D. Hemm ngomong - ngomong soal smartphone, saat ini perangkat smartphone yang paling banyak digunakan adalah perangkat dengan sistem operasi Android karena memang pilihan variasi model, merek, spesifikasi dan harganya bisa disesuaikan dengan kantong dan selera masing - masing.

Tips untuk mempertahankan performa Android
Sayangnya sebagian besar pemilik smartphone Android menggunakan perangkat kelas menengah - kebawah (termasuk saya sendiri) sehingga "impian" seperti yang saya sebut diatas agaknya sulit untuk diwujudkan jika kita tidak bisa merawat perangkat kita dengan baik. Hal ini sudah saya singgung pada posting Android murah? Pikir lagi deh! Dimana pada posting tersebut saya mengingatkan bahwa calon pembeli Android harus bersiap - siap untuk sedikit "kecewa" dengan performa perangkatnya jika mereka memilih untuk membeli perangkat dengan harga murah.

Namun bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi, karena jika kita melakukan perawatan yang benar terhadap perangkat yang kita miliki, maka sekiranya masalah performa yang saya singgung itu tidak perlu terlalu diambil pusing. Nah kebetulan pada posting kali ini saya sedang "mood" untuk membuat satu posting tentang beberapa tips sederhana tentang perawatan yang bisa dilakukan untuk mempertahankan performa perangkat Android yang kita miliki. Yuk kita langsung saja ke TKP :D

1. Kenali perangkat yang kamu miliki


Ya, hal ini sudah sering saya singgung dalam beberapa tips lain yang sudah pernah saya buat. Karena memang hal ini adalah yang paling mendasar dari semuanya. Jika kita sendiri tidak mengenali perangkat yang kita miliki (spesifikasi nya) maka tentunya kita tidak akan tau performa maksimum yang kira - kira bisa dicapainya. Mengenali perangkat sangat penting untuk menghindarkan kita menjalankan hal - hal (misalnya aplikasi) yang sekiranya terlalu membebani perangkat yang kita miliki.

2. Gunakanlah sewajarnya


Setelah mengenali perangkat yang kita miliki, tentunya kita akan tau batasan - batasan tertentu pada perangkat yang kita miliki. Penggunaan yang wajar tentunya tidak akan terlalu membebani kinerja perangkat kita, yang artinya juga akan membuat perangkat tersebut lebih awet. Karena jika kita menggunakan gadget tersebut diluar batas kemampuannya, bukan tidak mungkin membuat smartphone terlalu panas karena kita terlalu memaksakannya.

3. Hindari menginstall aplikasi yang tidak perlu


Keterbatasan spesifikasi perangkat bukan hanya dari segi prosesor atau RAM saja, tapi juga ruang penyimpanan. Sebaiknya anda harus memilah - milah aplikasi apa saja yang sekiranya anda perlukan untuk di install. Karena jika kita terlalu banyak menginstall aplikasi, tentunya akan membebani ruang penyimpanan. Dan ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga akan mengganggu performa perangkat kita. Jika sudah terlanjur anda bisa melakukan beberapa langkah yang sudah saya posting pada tips mengatasi memory internal penuh atau anda juga bisa memindahkan aplikasi Android ke memory eksternal.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu


Sudah menghindari untuk menginstall aplikasi, kok disuruh hapus lagi? Aplikasi apa yang harus dihapus? Perlu anda ketahui bahwa saat perangkat masih dalam keadaan baru, pada perangkat yang bersangkutan sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Namun tidak semua aplikasi bawaan tersebut berguna untuk kita bukan? Aplikasi bawaan yang tidak berguna atau biasa disebut dengan istilah bloatware itulah yang harus kita hapus. Namun tidak semua bloatware bisa kita hapus seenaknya. Dan bukan berarti tidak bisa dihapus sama sekali.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada Android? Anda bisa melakukannya JIKA perangkat yang anda gunakan sudah di root. Cara root perangkat Android berbeda - beda, tergantung merek, jenis dan versi Android yang digunakan. Silahkan cari di Google dengan format "cara root *perangkat anda*". Setelah di root anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi bawaan Android tersebut. Untuk selengkapnya bisa anda baca pada halaman Cara menggunakan Link2SD.

5. Hindari penggunaan widget yang berlebihan


Jika anda belum tau apa itu widget silahkan baca penjelasannya pada halaman Apa itu widget pada Android? Untuk apa kita menghindari widget? Tujuannya tentu saja agar tidak terlalu membebani perangkat Android yang kita miliki mengingat perangkat yang bersangkutan juga memiliki keterbatasan. Perlu diketahui bahwa menggunakan atau memasang widget akan membebani RAM, sedangkan diperlukan ruang pada RAM yang cukup untuk dapat menjalankan aplikasi lain dengan lancar. Maka dari itu sangat disarankan untuk meminimalisir penggunaan widget.

6. Hindari Live Wallpaper


Live wallpaper adalah wallpaper animasi yang bisa kita pasang pada perangkat Android kita untuk membuatnya terlihat keren. Kalau keren kenapa harus dihindari? Karena penggunaan live wallpaper juga akan membebani perangkat kita sehingga akan sedikit mengurangi performanya. Dan penggunaan wallpaper jenis ini juga akan mengurangi daya baterai dengan (sedikit) lebih cepat sehingga membuat baterai menjadi boros. Jadi buat apa keren kalau performa jadi lemot? Tips lain untuk menghindari borosnya baterai bisa anda simak pada posting Tips menghemat baterai Android.

Nah itulah beberapa tips sederhana untuk mempertahankan performa Android yang kita miliki. Perlu diingat bahwa ini adalah Tips dasar Android, dan masih beberapa tips lain yang bisa anda jalankan untuk dapat membuat perangkat yang anda miliki terasa (sedikit) lebih baik. Tips - tips tersebut bisa anda simak pada posting Tips merawat Android. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar