Kamis, 07 Maret 2013

Cara Membedakan BlackBerry Resmi dan BM

Perbedaan BlackBerry Resmi dan BM
Tips Membedakan BlackBerry Resmi dan BlackBerry BM - Kamu harus bisa membedakan mana BlackBerry Resmi, BlackBerry BM atau Refurbish. Sekilas ketiga tipe BlackBerry tersebut memang terlihat mirip satu sama lain, tapi kalau kita periksa lebih teliti, ada banyak perbedaan antara BlackBerry asli atau BM. Sebelumnya kamu harus tahu apa itu BlackBerry resmi, BlackBerry BM dan refurbish. BlackBerry resmi adalah BlackBery yang asli BNIB (brand new in box) yang memiliki garansi resmi dari distributor resmi yang ditunjuk pihak BlackBerry langsung dan tersegel secara resmi melalui distributor yang resmi pula. Distributor resmi BlackBerry di Indonesia adalah TAM, SS, dan CTN/Trikom. Standard quality control dari distributor resmi dari setiap produk yang dipasarkan bisa dipertanggungjawabkan, mulai dari kelengkapan, aksesoris, sampai kekonsistenan kualitasnya masing masing, dan itu diperkuat dengan garansi yang menyertainya.

BlackBerry BM (Black Market) adalah BlackBerry yang beredar tanpa memiliki garansi resmi nasional, biasaya pada BlackBerry BM terdapat logo operator luar negeri. Istilah BM (Black Market) itu adalah istilah yang digunakan pada proses masuknya barang tersebut ke Indonesia, jadi tidak ada hubungannya BlacBerry itu asli atau palsu. Blackberry Refurbish adalah BB yang dijual dengan keadaan dimana salah satu atau beberapa komponen sudah tidak asli alias cangkokan. Bisa komponen dalam (elektronik), bisa pula casing atau cover. BlackBerry jenis ini bahkan terlihat seperti baru, jadi hati-hati dalam membelinya.

Perbedaan BlacBerry Resmi dengan BM dan Refurbish dapat dilihat dari berbagai ciri, diantaranya:
1. Logo BlackBerry
  • Resmi: Tidak ada logo pada bodi & welcome screen & Internet Browser, kecuali BB keluaran operator Indosat dan Axis.
  • BM: Logo pada bodi, welcome screen dan Internet Browser sesuai dengan di dus (selama masih memakai themes standard).
  • Refurbish: Biasanya logo pada bodi, welcome screen dan Internet Browser tidak sesuai dengan di dus (contoh: di BB pada saat welcome screen keluar tulisan T-Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile, di Body BB ada tulisan T-Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile, di Internet browser ( selama masih memakai themes standard ) berlogo T- Mobile tapi dus polos / bukan dus keluaran T-Mobile).
2. Dus
  • Resmi: Sablon halus, dibagian terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, disisi kanan terdapat stiker indentitas handheld, dus berwarna hitam tidak ada gambar BB hanya ada tulisan BlackBerry di bagian atasnya.
  • BM: Sablon halus, dibagian bawah terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, disisi kanan terdapat stiker indentitas handheld, dus bergambar BlackBerry dan berlogo sesuai dengan vendor yang mengeluarkan/memproduksi BlackBerry tersebut (tapi ada juga yang hanya berwarna hitam seperti dus resmi).
  • Refurbish : Sablon dus kasar, dibagian bawah biasanya tidak terdapat notifikasi hak paten dalam berbagai bahasa, biasanya disisi kanan tidak ada stiker indentitas perangkat.
3. PIN dan Imei
  • Resmi: PIN tetap / static, IMEI ketika di cek di numbering plans sesuai dengan device, tetapi untuk beberapa jenis Blackberry ada yg belum tercatat di database numbering plans sehingga akan keluar informasi "This IMEI number might to be correct, but it is impossible to get this confirmed".
  • BM: PIN tetap / static, IMEI ketika di cek di numbering plans sesuai dengan device dan vendor, tetapi untuk beberapa jenis Blackberry ada yg belum tercatat di database numbering plans sehingga akan keluar informasi "This IMEI number might to be correct, but it is impossible to get this confirmed".
  • Refurbish: Biasanya PIN nya tidak tetap / dynamic ( berubah-ubah ), IMEI ketika di cek di numbering plans biasanya tidak sesuai dengan device.
sumber: kaskus[dot]co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar