Kamis, 18 April 2013

Apa Penyebab Baterai Handphone Kembung?

Tips mencegah baterai kembung
Apa Penyebab Baterai Handphone Kembung? - Umumnya baterai pada handphone atau smartphone jika telah lama digunakan akan mengalami masalah seperti cepat habisnya daya baterai atau baterai menjadi kembung. Baterai yang kembung ini sering kali mengganggu pengguna karena ketika akan menutup "casing" pada handphone atau smartphone akan terasa sesak sehingga agak sulit memasangnya. Lalu apa penyebab dari baterai yang kembung ini? Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab utama baterai menjadi kembung, umumnya adalah karena kesalahan pengguna. Nah pada posting kategori Tips dan Trik kali ini saia akan membahas tentang apa saja penyebab baterai kembung serta tips merawat baterai agar baterai tidak cepat kembung. Yuk langsung saja kita ke TKP :D

Faktor kesalahan pengguna

(*) Faktor kesalahan pengguna adalah yang paling banyak ditemui sebagai penyebab utama rusaknya baterai (kembung). Pada umumnya, jenis baterai yang digunakan pada handphone dan smartphone saat ini adalah jenis Li - Ion dan Li - Po, dan cara merawat kedua jenis baterai ini pun berbeda, dan ini menjadi salah satu kunci seberapa lama baterai yang anda gunakan pada handphone anda akan bertahan.
Tips : Ketahuilah jenis baterai apa yang digunakan di handphone atau smartphone anda. Biasanya jenis baterai akan tertera di bagian baterai yang menghadap keluar pada gadget. Lalu anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan baterai tersebut di halaman perbedaan jenis baterai sehingga anda bisa menyimpulkan bagaimana cara menggunakannya secara benar.

(*) Menggunakan handphone secara berlebihan. Penggunaan yang berlebihan pada handphone atau smartphone seperti terlalu lama menelpon, digunakan untuk bermain game terlalu lama dan lain sebagainya akan menyebabkan suhu baterai dan gadget meningkat karena harus bekerja ekstra. Hal ini turut menjadi penyebab utama berkurangnya umur penggunaan baterai.
Tips : Gunakanlah handphone atau smartphone anda sewajarnya, karena pada dasarnya handphone dirancang sebagai alat komunikasi, bukan untuk bermain game. Selain hal di atas, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan meningkatnya suhu baterai yang bisa anda baca di halaman penyebab handphone atau smartphone cepat panas.

(*) Penggunaan charger yang tidak sesuai. Menggunakan charger lain di saat darurat mungkin tidak ada masalah. Namun jika digunakan dalam jangka panjang akan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.
Tips : Gunakanlah charger bawaan yang disediakan dalam paket pembelian (jika membeli handphone atau gadget dalam keadaan baru) sempatkan membawa charger kemanapun anda pergi terutama jika melakukan perjalanan jauh. Dan jika terpaksa mengganti charger, beli lah yang original, bukan abal-abal / KW karena dapat berpotensi membahayakan gadget dan menimbulkan panas pada baterai.

(*) Memaksakan jadwal charging yang tidak beraturan. Biasanya dengan alasan terburu - buru, pengguna akan menghentikan charging meskipun baterai belum penuh agar bisa dibawa pergi. Tidak jarang pula pengguna memaksa untuk mengisi ulang baterai saat baterai belum habis dengan alasan agar nanti saat dibawa pergi, baterai akan terisi penuh. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan baterai gadget anda, dan mengurangi usia baterai.
Tips : Jangan mengisi ulang baterai sebelum gadget menunjukkan indikator Low Battery, dan jangan cabut charger dari gadget anda sebelum baterai benar - benar penuh. Dan selalu ingat untuk segera mencabut charger setelah baterai penuh, terutama untuk jenis baterai Li - Ion.

Faktor usia baterai

Usia pada baterai itu sendiri juga berpengaruh pada rusaknya baterai (kembung). Namun ukuran usia baterai sendiri berbeda menurut jenis baterai itu sendiri seperti yang saia jelaskan di atas.

Faktor kualitas baterai

Jika anda berniat mengganti baterai yang digunakan pada handphone atau smartphone anda, sebaiknya gunakanlah baterai original karena akan menjamin kualitas dari baterai itu sendiri. Karena kualitas dari baterai juga dapat mempengaruhi kinerja dan umur baterai. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penting demi menjaga "keselamatan" gadget anda sendiri.

Jangan lupa untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar