Sabtu, 30 November 2013

Bangganya Jokowi Saat Jakarta Bakal Punya MRT


Gubernur Jakarta Joko Widodo menunjukkan desain monorel kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Selasa (26/11/2013). | KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO
JAKARTA, — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan bangga mengatakan Jakarta sudah mempunyai mass rapid transit (MRT) walaupun proses pembangunannya baru saja dimulai Oktober lalu. Jokowi mengaku sempat mengungkapkan kebanggaannya saat mengikuti acara pertemuan gubernur se-ASEAN beberapa waktu lalu. Kala itu, Jokowi ditanya oleh Gubernur Hanoi mengenai MRT di Jakarta.

"Saya balik nanya, Hanoi sudah punya belum? Dia bilang tahun 2017 mulai dibuat. Lalu saya bilang, Jakarta sudah punya. Oktober kemarin baru dibuat," kata Jokowi yang diikuti tawa hadirin dalam acara seminar di Universitas Indonesia, Salemba, Sabtu (30/11/2013).

Tak sampai di situ, Jokowi kembali ditanyai mengenai transportasi yang ada di Indonesia. Kali ini Gubernur Bangkok menanyainya tentang transportasi publik yang ada di Jakarta.

"Ya saya jawab metromini. Benar kan adanya metromini," kata Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan.

Jokowi mengatakan, Kota Jakarta saat ini jauh tertinggal dari kota-kota lainnya di kawasan Asia Tenggara. Ia lantas membandingkan dengan Kota Bangkok dan Kuala Lumpur yang sudah lama mempunyai monorel dan MRT.

"Sebenarnya kita sudah merencanakan pembangunan MRT sejak 17 tahun lalu. Rencana monorel sudah 25 tahun lalu. Rencananya," singgungnya. 
By:  KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar