Jumat, 29 November 2013

Tutorial Cara Mudah Root dan Unroot Android Menggunakan SuperOneClick

Tutorial Cara Mudah Root dan Unroot Android Menggunakan SuperOneClick- - -SuperOneClick sangatlah yaitu sebuah software khusus yang digunakan untuk rooting, sedangkan Pengertian root pada android adalah suatu proses yang membuat pengguna memiliki hak akses tak terbatas pada sistem operasi Android dengan super user, root memiliki banyak kelebihan dan tentu pasti juga memiliki kekurangan.

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Root :
A. Kelebihan Root
1. Dapat akses Super User (kita bisa menginstall aplikasi yang membutuhkan hak akses super user)
2. Kustomisasi pada OS Android (menambah, menghapus, memodifikasi pada OS Android)
3. Dapat Install custom room (perlu diketahui custom root tidaklah stabil dibanding dengan custom room, jadi bila ingin menginstall custom rom pada HH anda pilihlah yang paling stabil diantara semua custom room yang ada)
4. Dapat meningkatkan performa Android (seperti melakukan overclock pada prossesor, dan menambah ram)
5. Dapat memindahkan aplikasi ke SD Card
6. Dapat backup dan restore stock rom (untuk melakukan ini kita harus menginstal CMW dahulu. Dengan ini kita tidak perlu khawatir jika salah melakukan sesuatu pada saat memodifikasi OS Android, kita hanya perlu merostore dan semua akan kembali seperi semula)

B. Kekurangan Root
1. Garansi akan hilang karena jika melakukan root pastinya Android sudah di otak-atik dan vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan disebabkan karena pengguna melakukan root. Semua vendor setuju kalau Android yang sudah di root akan hilang garansinya. Tapi ini bisa diakali dengan melakukan unroot, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan garansi lagi.

2. Tidak aman dari malware atau virus. Anda tidak boleh sembarangan menginstall aplikasi atau game dari sumber yang tidak jelas. Unduhlah dari google play store karena di sana sudah dijamin keamanannya dari malware/virus dan juga installah antivirus seperti Avast, AVG, dan lain-lain.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang melakukan root adalah karena bisa menginstall custom room yang bisa meningkatkan performa, tampilan, dan versi sistem operasi Android. Ini juga menjadi berguna bagi pengembang custom room karena bisa melihat apa saja yang ada dalam suatu sitem operasi android untuk lebih bisa mengembangkan custom roomnya.

Setiap Android memiliki cara berbeda dalam melakukan proses root. Ada yang bisa dilakukan hanya dengan memflash file yang berformatkan .zip seperti pada kebanyakan samsung galaxy dan ada yang harus memakai software yang harus diinstall dulu di pc. Dengan SuperOneClick memungkinkan kita untuk bisa melakukan root pada berbagai macam Android dari berbagai vendor dan merk.

SuperOneClick tidak hanya bisa digunakan untuk rooting saja tetapi bisa juga digunakan untuk unrooting. Cara untuk melakukan rooting dan unrooting dengan SuperOneClick sangatlah mudah. Kita hanya harus klik Root atau Unroot kemudian ikuti instruksinya sampai selesai. Untuk melakukan ini anda harus punya driver dari Android anda dan kabel data untuk menyambungkan ke pc.

Berikut device yang bisa menggunakan software SuperOneClick :
  1. Dell Streak
  2. HTC Magic (Sapphire) 32B
  3. HTC Bee
  4. LG Ally
  5. Motorola Atrix 4G
  6. Motorola Charm
  7. Motorola Cliq
  8. Motorola Droid
  9. Motorola Flip-side
  10. Motorola Flip-out
  11. Motorola Milestone
  12. Nexus One
  13. Samsung Captivate
  14. Samsung Galaxy 551 (GT-I5510)
  15. Samsung Galaxy Portal/Spica I5700
  16. Samsung Galaxy S 4G
  17. Samsung Galaxy S I9000
  18. Samsung Galaxy S SCH-I500
  19. Samsung Galaxy Tab
  20. Samsung Transform M920
  21. Samsung Vibrant
  22. Sony Ericsson Xperia E15i X8
  23. Sony Ericsson Xperia X10
  24. Sprint Hero
  25. Telus Fascinate
  26. Toshiba Folio 100
  27. Dan lain-lain.
Berikut ini adalah Tutorial Cara Mudah Root dan Unroot Android Menggunakan SuperOneClick :
  1. Pastikan driver Android anda sudah terinstall di pc/komputer karena driver berguna utuk mendeteksi Android anda. Jika tidak tau driver, driver adalah untuk mengenalkan ponsel ke komputer, kira-kira begitu
  2. Pastikan juga pc atau komputer anda sudah ada Microsoft .NET Framework v2.0 keatas. Jika belum ada download di situs resmi Microsoft .NET Framework
  3. Download software SuperOneClick di situs resmi SuperOneClick
  4. Kalau sudah download, ekstrak kemudian buka atau jalankan SuperOneClick. Jika ada notifikasi Donate klik donate later saja
  5. Sebelum menyambungkan Android ke pc pastikan USB Debugging sudah tercentang. Jika sudah, sambungkan Android anda ke pc pada keadaan menyala.
  6. Pastikan Android anda benar-benar sudah tersambung ke pc (bisa terdeteksi)
  7. Kalau sudah klik root atau unroot pada bagian atas software dan ikuti petunjuknya. Seperti jika ada popup You device already appears to be rooted!! Are you sure you want to continue? dan root install has completed juga seterusnya, klik saja Ok. Saya yakin anda sudah mengerti
  8. Reboot Android anda dan lihat apakah sudah ada aplikasi superuser, jika sudah berarti Android anda resmi berstatus ROOTED.
Demikianlah yang dapat disampaikan Dunia Komputer dan Internet mengenai Tutorial Cara Mudah Root dan Unroot Android Menggunakan SuperOneClick, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, dan selamat mencoba dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar